Jumat, 09 September 2011

I'tikaf di Masjid Al-Ihsan

I'tikaf di Masjid Al-Ihsan, Kuala Kapuas berlangsung pada sembilan hari terakhir di bulan Ramadhan 1432 H tepatnya dari tanggal 20 - 29 Agustus 2011. Peserta yang berkisar dari 16 - 25 orang ini hanya melaksanakan i'tikaf pada sore sampai ba'da Subuh keesokan harinya. Tidak seperti tahun lalu ada peserta yang bisa penuh selama 24 jam, tahun ini tidak ada seorang pun yang melaksanakan i'tikaf secara penuh.

Kegiatan i'tikaf dimulai ba'da Shalat Maghrib, jadi peserta i'tikaf mengikuti shalat Isya berjama'ah, kultum Tarawih, shalat Tarawih berjama'ah, kemudian masing-masing peserta sibuk dengan ibadah pribadinya, mulai dari membaca Qur'an, zikir, berdo'a dan tidur.

Dini hari sebelum sahur biasanya diisi dengan shalat malam dan membaca Qur'an. Setelah itu sahur bersama, shalat Subuh berjama'ah kemudian mendengarkan kuliah subuh sampai matahari terbit. Setelah mengerjakan shalat sunat Syuruq, peserta pulang ke rumah masing-masing.

Makan sahur dimasakkan oleh istri Bapak Suhardi, kaum Masjid Al-Ihsan. Sedangkan dana untuk sahur tersebut disediakan oleh Bapak Zulfiqar Aly Akbar, ketua Ikatan Da'i Indonesia Cabang Kapuas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar